PENDIDIKAN SEBAGAI JENJANG MASA DEPAN
Pendidikan
Sebagai Jenjang Masa Depan
Pendidikan merupakan salah satu upaya kita
untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di Negara kita yaitu
Indonesia. Yang mana kita ketahui bersama, bawasannya dengan seseorang
mengenyam bangku sekolah maka, orang tersebut telah mengetahui berbagai hal
yang ada di dunia ini.
Sebenarnya pendidikan itu dapat kita
perolah dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kita sebagai manusia
hendaknya mau menyadari hal tersebut. Pendidikan sangat berdampak besar bagi
pengaruh perkembangan masa depan. Tidak hanya untuk diri sendiri, bahkan dapat
pula berpengaruh bagi bangsa dan Negara Repubik Indonesia.Pendidikan itu ada
bersifat formal , non formal dan informal. adapun contohnya bersifat formal yaitu
: SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi . dan pendidikan non formal Yaitu dengan cara
mengikuti kursus atau bimbingan belajar dan lain sebagainya.
Bagaimanapun cara kita menempuh pendidikan
tersebut, asal kita mau serius dalam menjalaninya maka, sangat berdampak besar
bagi masa depan diri sendiri maupun orang lain. Sehingga dengan pendidikan
orang akan mampu untuk menata masa depanya dengan bijaksana, dan dapat berfikir
lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi didalam kehidupannya.
dengan kita mengerti tentang pendidikan.
Maka kita akan mampu untuk membantu pemerintah
untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan sehingga tidak banyak pengangguran
yang ada di Indonesia. begitu banyak hal penting yang didapat dari kita
mengetahui makna pentingnya pendidikan tersebut. Oleh karena itu, hendaknya
kita mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan
masa depan kita. dan kita sebagai manusia terpelajar hendaknya mau memahami
betul hal tersebut. adapun pengertian , fungsi,dan macam – macam pendidikan itu
sendiri.
Salah satu hal yang
perlu diperbaiki adalah kualitas pendidikan yang diberikan oleh guru. Guru
adalah kunci dalam menentukan kualitas pendidikan, oleh karena itu mereka harus memiliki
motivasi yang tinggi untuk mengajar dan keterampilan yang memadai dalam
menjalankan tugasnya. Selain itu, pemerintah perlu memberikan fasilitas dan
sumber daya yang memadai kepada sekolah agar proses pembelajaran dapat berjalan
dengan baik.
Kemudian,
penting juga untuk memperbaiki kurikulum pendidikan. Kurikulum harus dirancang
agar dapat menghasilkan siswa yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang
dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Siswa harus diberikan
kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, dan kemampuan
berpikir kritis. Kurikulum juga harus dapat menyesuaikan diri dengan
perkembangan zaman, seperti misalnya
dengan memasukkan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam kurikulum.
perkembangan teknologi saat ini yang tidak bisa dihindari, kehidupan
anak-anak remaja jaman dahulu dengan jaman sekarang sangat jauh berbeda.
Pembelajaran pada jaman sekarang pun juga berbeda dengan pembelajaran jaman
dahulu.kini teknologi digital sudah memasuki seluruh aspek kehidupan termasuk juga
pendidikan perkembangan teknologi juga semakin pesat diera globalisasi saat ini
tidak Dijaman sekarang ini atau yang
sering kita sebut dengan jaman modern ini. Banyak bisa dihindari lagi pengaruh
nya terhadap dunia pendidikan.
Kemajuan media teknologi dan informasi sudah
dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat, baik dari segi positif maupun negatif
dari pengunaanya. Hal ini dikarenakan pengaksesan media informasi dan teknologi
ini tergolong sangat mudah atau terjangkau untuk berbagai kalangan, baik untuk
para anak muda maupun orang tua dan kalangan kaya walaupun kalangan menengah
kebawah.Oleh karna itu, tidak heran jika dampak positif dari perkembangan media
informasi dan teknologi untuk anak usia 5 hingga 12 tahun dikatakan sebagai
generasi multitasking.
Mengapa
penelitian pendidikan itu penting? Tujuan utama penelitian pendidikan adalah
untuk meningkatkan pengetahuan yang ada menuju pedagogi dan system secara
keseluruhan. Memperbaiki praktik pembelajaran dan mengembangkan cara-cara baru
dalam mengajar dapat dicapai dengan lebih efisien ketika informasi dibagikan
oleh seluruh komunitas daripada dijaga oleh satu institusi. Secara sederhana,
kita dapat mengatakan bahwa tiga alasan utama untuk melakukan penelitian ini.
Untuk
mengeksplorasi masalah melakukan penelitian mengarah untuk menemukan jawaban atas
pertanyaan spesifik yang dapat membantu siswa,guru,dan administrator. Untuk
membentuk kebijakan. Jenis penelitian ini dilakukan untuk mengumpulkan
informasi untuk membuat pernilaian berkelanjutan yang dapat diinformasikan
kepada masyarakat atau lembaga untuk meningkatkan tata kelola pendidikan untuk
meningkatkan kualitas mencoba melakukan sesuatu yang lebih baik dari apa yang
dilakukan sekarang adalah alasan umum untuk dilakukan penelitian.
Metode
penelitian pendidikan metode ini adalah alat yang digunakan untuk melakukan
penelitian untuk membuktikan atau tidak hipotesis penlitian.wawancara adalah
teknik kualitatif yang memungkinkan penelitian untuk mengumpulkan data dari
subjek mengunakaan pertanyaan terbuka aspek terpenting dari sebuah wawancara
itu biasa dibuat menjadi percakapan satu lawan satu yang berfokus pada
substansi dari apa yang ditanyakan.
Pengamatan obsevasi adalah metode pengumpulan data yang memasukan
peneliti kedalam seeting alami dimana partisipan atau fenomena itu terjadi. Hal
ini memungkinkan peneliti untuk melihat apa yang terjadi secara real time,
menghilangkan beberapa bias yang dapat memiliki oleh wawancara atau kelompok
focus dengan meminta moderator melakukan intervensi dengan subjek.
Strategi
pelaksanaan pendidikan karakter
Strategi
pendidikan karakter yang akan dibahas adalah strategi pendidikan karakter
melalui multiple talent approach . strategi pendidikan ini memiliki tujuan
yaitu untukmengembangkan seluruh potensi anak didik yang manifestasi
pengembangan potensi akan membangun self concept yang menunjang kesehatan
mental. Dan cara ini biasanya ditandai dengan nilai akademik yang diperoleh
disekolahnya dan anak didik tersebut mengikuti tes. Cara tersebut misalnya
melalui kata-kata,angka,musik,gambar kegiatan fisik atau kemampuan motorik atau
lewat cara sosialemosional.
Menurut gardner (1999), manusia itu sedikitnya
memiliki 9 kecerdasaan.kecerdasaan manusia, saat ini tak hanya dapat diukur
dari kepandaianya menguasai matematika atau menggunakan Bahasa. Bagi orang tua
atau guru, yang dibutuhkan adalah kreativitas dan kepekaan untuk mengasah anak
tersebut. Baik guru atau orang tua juga harus keluar dari paradigma
tradisdional. Kecerdasaan bagaikan sekumpulan kleterampilan yang dapat
ditumbuhkan dan dikembangkan.kecerdasaan adalah kemampuan untuyk memcah kan
suatu masalah,kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk dipecahkan,
kemampuan untuk menciptakan suatu yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat
melalui pengenalan multi intelligence,
kita dapat mempelajari kekuatan atau kelemahan anak dan dapat memberikan mereka
peluang untuk belajar memalui kelebihan mereka, tujuannya adalah agar anak
memiliki kesempatan untuk mengeksporlorasi dunia.
Kesimpulan
Pendidikan
adalah suatu system penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponnen
pengetahuan , kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan
nilai-nilai tersebut, baik terhadap tuhan Yang Maha Esa , diri sendiri ,sesame
lingkungan ,maupun kebangsaan. Pengembanggan karakter bangsa dapat dilakukan
melalui perkembangan karakter individu seseorang. Akan tetapi , karena manusia
hidup dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan.pendidikan sangat
penting untuk perbaiki system sisitem pendidikan yang ada di
Indonesia.peningkatan proses belajar mengajar bergantung pada informasi yang
tersedia dilapangan. Pertanyaan tanpa bukti penelitian hanyalah opini,
pengumpulan dan distribusi informasi sangat penting untuk meningkatkan apa yang
kita miliki sebagai system pendidikan, karena memberikan penjelasan atas
pertanyaan besar dan memberikan gambaran yang lebih besar untuk generasi
mendatang.
Komentar
Posting Komentar